Enam RS Rujukan Covid-19 Dapat Bantuan Alat Pelindung Diri

Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto merima bantuan alat pelindung diri, cairan disinfektan, dan hand sanitizer.

April 26, 2020

PANDEMI virus korona atau Covid-19 masih belum menunjukkan mereda. Kendati jumlah pasien Covid-19 yang sembuh terus meningkat, jumlah kasus dan korban meninggal akibat Covid-19 juga masih bertambah.

Kini sejumlah pihak telah turut bahu-membahu turut mendukung tim penanggulangan Covid-19 yang terus berjuang mengatasi pandemi Covid-19. Namun para tenaga medis di rumah sakit rujukan penanganan pasein Covid-19 yang berada di garda terdepan masih membutuhkan perangkat pendukung seperti cairan disinfektan, hand sanitizer, dan alat pelindung diri (APD).

Sumbangan berupa 4.500 APD, 500 liter hand sanitizer, dan 200 liter kembali disalurkan ke sejumlah rumah sakit rujukan yang menangani pasien Covid-19. Rumah sakit rujukan yang mendapat bantuan adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bekasi, RSUD Kabupaten Bekasi, RSPAD Gatot Soebroto, RS Husada, RSUD Tugu Koja, dan RS Persahabatan.

Sumbangan APD, hand sanitizer, dan cairan disinfektan berasal dari perusahaan farma dermatologi yang memproduksi salep 88 dan krim  88, Meccaya Pharmaceutical, yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-38.

Serah terima donasi dilakukan oleh tim Meccaya Tanggap Covid-19 yang dipimpin Direktur Operasional Meccaya Pharmaceutical Riduan Kaban, serta Oni Ruslani, Rosalia dan Tia Oktaviani sebagai perwakilan dari masing-masing divisi.

Presiden Direktur Meccaya Pharmaceutical Ricky Surya Prakasa mengatakan bantuan ini merupakan upaya perusahaan untuk mendukung tenaga medis Indonesia yang terus berjuang melawan pandemi Covid-19.

“Kami prihatin masih banyaknya rumah sakit rujukan covid-19 yang mengalami kekurangan APD. Hal ini mendorong kami untuk membantu agar setidaknya seluruh tenaga medis yang berjuang di garda terdepan bisa mendapatkan standar keselamatan yang tinggi dalam menjalankan tugas,” ujar Ricky, melalui keterangan resminya, Minggu (26/4).

Selain donasi berupa materi, Ricky juga mengingatkan pentingnya memberikan dukungan moral dan semangat bagi tenaga medis di seluruh Indonesia.

Direktur Operasional Meccaya Pharmaceutical Riduan Kaban mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan waspada, menjaga kesehatan, serta menaati imbauan dari peraturan pemerintah seperti physical distancing dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Riduan juga menyampaikan aksi sosial perusahaannya akan diupayakan terus berlanjut antara lain dengan pembagian sembako dan hand sanitizer kepada masyarakat kurang mampu, baik secara langsung maupun bekerja sama dengan berbagai yayasan yang kompeten dan transparan.

“Harapan kami, dengan dukungan dan kerja sama dari semua pihak, penanganan Covid-19 dapat berjalan dengan lebih efektif, cepat dan aman, sehingga persebaran Covid-19 pada masyarakat Indonesia dapat segera terputus,” tutupnya. (RO/OL-09)

Obtained from:

https://mediaindonesia.com/read/detail/307785-enam-rs-rujukan-covid-19-dapat-bantuan-alat-pelindung-diri